PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Sabtu, 22 Maret 2014

ATURAN BERJAPA

Hai para Pembaca, Kembali saya berbagi artikel nieh kali ini. Tetapi sebelumnya,  sudah baca artikel saya sebelumnya belum? Itu loh yang judulnya “Asana dalam Berjapa”. Nah kali ini saya hadirkan pula artikel sejenis yakni mengenai “Aturan Berjapa”, apa saja itu? Langsung saja ya!

ATURAN BERJAPA

1.      Pilih mantra dan nama Tuhan yang manapun (lebih baik diberikan oleh Guru) dan ulang-ulang dari 108 sampai 1080 kali setiap hari (1-10 putaran).
2.      Gunakan sebuah rudraksa atau tulasi mala yang terdiri dari 108 biji.
3.      Gunakan ibu jari, jari tengah kanan saja untuk memutar mala. Jangan menggunakan jari telunjuk.

4.      Jangan memutar mala terlalu bawah, putarlah mala di atas dada atau hidung.
5.      Mala jangan sampai terlihat oleh orang lain. Tutuplah dengan sebuah sapu tangan, handuk atau secarik kain, yang harus selalu bersih dan dicuci setiap hari.
6.      Jangan melangkahi Meru (kepala) mala saat memutar biji mala.
7.      Lakukan japa dalam hati sewaktu-waktu. Bila pikiran menerawang ucapkan dengan cara berbisik atau berjapa dengan keras sewaktu-waktu. Kembalilah melakukan japa dalam hati bila memungkinkan lagi.
8.      Mandilah, bersihkan tangan, kaki, muka ataupun mulut sebelum duduk berjapa. Lakukan japa kapanpun waktu terluang, khususnya sewaktu melakukan sandhya dan sebelum tidur.
9.      Sesuaikan japa dengan ritme nafas atau pranayama dan bermeditasilah pada wujud dewata. Taruhlag gambar atau patung dewata di depanmu. Jiwai makna yang terkandung dalam mantra saat berjapa.
10.  Ucapkan setiap huruf dengan benar dan jelas. Jangan melakukan terlalu cepat atau terlalu pelan. Tingkatkan kecepatan bila pikiran mulai menerawang.
11.  Patuhilah melakukan keheningan dan hindari pengalihan perhatian.
12.  Menghadaplah ke timur atau ke utara dan duduklah dalam kamar meditasi yang terpisah dengan kamar lainnya; seperti pura, pinggir sungai, di bawah pohon beringin, dan sebagianya.
13.  Jangan merengek-rengek kepada Tuhan dengan benda duniawi apapun selama melakukan japa. Rasakan hatimu sedang disucikan dan pikiranmu akan teguh dengan kekuatan mantra berkat rahmat-Nya.
14.  Jagalah mantra Guru-mu dalam kerahasiaan dan jangan pernah membocorkan kepada siapapun juga.
15.  Berjapalah terus dalam hatimu, apapun pekerjaan yang akan dilakukan.
Itulah para pembaca sejumlah aturan dalam berjapa sesuai yang tertulis dalam Buku “Japa Yoga” karya Svami Sivananda.

Posted By: W’R



1 komentar:

Yang Paling Sering dikunjungi